Rabu, 18 April 2012

Ziarah

bagi sebagian besar orang, terutama masyarakat Indonesia, Pondok Pesantren adalah kawasan yang samasekali tidak ada hubungannya dengan wisata. tapi saya sejenak berfikir,, kehidupan orang-orang yang tinggal di pesantren menjadi salah satu dari daya tarik wisata itu sendiri. Layaknya sebuah masyarakat tradisional dengan kegiatan yang unik dan sangat menarik membuat saya berfikir.
Pola kehidupan dalam Pondok pesantren sangat unik bukan hanya dari sisi religius bernuansa Islam namun juga dari sisi pola kehidupan, tradisi dan kebiasaan para santri yang mondok di pesantren. mulai dari kehidupan bersaudara yang sangat kental dari mulai memasak dengan alat-alat masak yang tradisional, kegiatan sholawatan, tradisi ziarah ke makam Kyai, menjadi keunikan tersendiri bagi beberapa pondok pesantren. tidak ada salahnya kita mengunjungi pondok pesantren selain untuk membimbing hati juga dapat menghayati kehidupan para santri

salah satunya adalah Pondok Pesantren Nurul Falah, yang berada di desa Jabres, kecamatan Sruweng, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. gambar diatas adalah satu rutinitas kegiatan para santri, ziarah kubur dan bersolawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar