Rabu, 18 April 2012

Pantai Suwuk

sebenarnya kabupaten Kebumen memiliki potensi besar akan wisata, baik itu budaya, alam maupun tentang sejarahnya. Kemajuan pariwisata di Kebumen juga dipengaruhi oleh para stakehoder itu sendiri. bagaimana tidak, seorang pengelola yang mampu memanage sebuah destinasi dengan baik, maka dapat destinasi wisata tersebut dapat berkembang dengan baik dengan menerapkan asas-asas yang terkandung dalam undang-undang pariwisata nomor 10 tahun 2009 bahwa kepariwisataan diselenggarakan berdasarkan asas
a. manfaat 
b. kekeluargaan
c. adil dan merata
d. keseimbangan
e. kemandirian
f. kelestarian
g. partisipatif
h. berkelanjutan
i. demokratis
j. kesetaraan
k. kesatuan

Keseluruhan asas-asas tersebut mengandung unsur untuk kebaikan keseluruhan aspek yang dipengaruhi oleh aktivitas pariwisata. Baik itu masyarakat, pemerintah, pengelola, wisatawan dan pihak-pihak lain yang saling berkesinambungan. Tahun sebelumnya, kira-kira pada tahun 2007 hingga 2008 suasana pantai Suwuk masih terlihat asri dengan batuan berbentuk seperti dermaga yang menambah kian apik dan indah. pasir yang masih hitam menawan. para pengunjung masih senang untuk datang ke pantai ini.. pantainya yang masih bagus dilengkapi dengan suasana pegunungan yang indah, saya sendiri-pun masih merasa cocok untuk berwisata, dan merasakan keindahan alam ciptaan Tuhan ini.
pada tanggal 8 April 2012 yang lalu, saya masih berkesempatan berkunjung ke pantai Suwuk ini kembali, namun perbedaan luar biasa menghiasi pantai yang dulunya indah ini. Saya rasa stakeholder yang mengelola pantai ini tidak pernah berkunjung akhir-akhir ini. seharusnya ada kesepakatan pemerintah, pengelola sekaligus masyarakat untuk berperan aktif menormalisasikan objek dan daya tarik wisata yang indah ini. saya hanya merasa ironis pantai yang dulu indah ini menjadi kumuh dan kurang tertata, setidaknya sampah-sampah yang mewarnai bibir pantai dapat disapu bersih untuk memberikan kesan indah panorama pantai itu lagi. Sebagai wisatawan saya merasa tidak terlalu mengganggu, untuk sekelas wisatawan asing mungkin pendapat saya adalah salah besar. untuk itu mari kita jaga potensi wisata kita, menjaga alam yang diamanahkan Tuhan untuk kita. kebaikan alam, kebaikan kita juga








1 komentar:

  1. Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini, Awal mula saya ikut pesugihan, Karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga 900jt membuat saya nekat melakukan pesugihan, hingga sutu waktu saya diberitahukan teman saya yang pernah mengikuti penarikan uang ghaib dengan Kyai.Sukmo Joyo dan menceritakan sosok Kyai.Sukmo Joyo, saya sudah mantap hati karena kesaksian teman saya, singkat cerita saya mengikuti saran dari pak.kyai saya harus memilih penarikan dana ghaib 1 hari cair dengan tumbal hewan dan alhamdulillah keesokan harinya saya di telepon oleh pak kyai bahwa ritualnya berhasil dana yang saya minta 3Milyar benar-benar masuk di rekening saya, sampai saat ini saya masih mimpi uang sebanyak itu bukan hanya melunaskan hutang ratusan juta bahkan mampu membangun ekonomi saya yang sebelumnya bangkrut, kini saya mempunyai usaha di jakarta dan surabaya yang lumayan besar, saya sangat bersykur kepada allah dan berterimakasih kepada pak. Kyai.Sukmo Joyo berkat beliau kini saya bangkit lagi dari keterpurukan. Jika ada teman-teman yang sedang mengalami kesulitan masalah ekonomi saya sarankan untuk menghubungi Kyai.Sukmo Joyo di 085219106237 agar di berikan arahan. Untuk lebih jelasnya bisa kunjungi situsnya Pondok Spiritual Al-Hikmah http://sukmo-joyo.blogspot.co.id/

    BalasHapus